STRATEGI KOLABORASI LESTARI ALAM LAUT UNTUK NEGERI (LATUN) DALAM KAJIAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Tinjauan Perspektif Model Triple Helix)

Ferandi, Ferandi and Citra, Dwi Palenti and Ari, Putra (2023) STRATEGI KOLABORASI LESTARI ALAM LAUT UNTUK NEGERI (LATUN) DALAM KAJIAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Tinjauan Perspektif Model Triple Helix). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
FERANDI_SYARAT BEBAS PERPUS UNIB - Randi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kolaborasi Lestari Alam Laut Untuk Negeri (LATUN) dalam kajian Pemberdayaan Masyarakat (tinjauan perspektif model Triple Helix). Penelitian ini membahas strategi kolaborasi Lestari Alam Laut Untuk Negeri (LATUN) dengan Pemerintah, akademisi, dan pelaku bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi kolaborasi Lestari Alam Laut Untuk Negeri (LATUN) bersama Pemerintah, akademisi, dan pelaku bisnis. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, pengkajian proposal dari pihak LATUN kepada kepihak PLN, proposal diseleksi oleh pihak PLN selanjutnya penetapan dana dengan pihak LATUN dan pencairan dana. Dana yang dicairkan kemudian diimplementasikan sesuai RAB yang dianggarkan didalam proposal. Pihak PLN pada proses implementasi melakukan monitoring setelah program selesai dilakukan evalusi sebagai perbaikan program selanjutnya. Kedua, pengajuan proposal penelitian, kemudian pengajuan surat permohonan penelitian dari UNIB, setelah surat dikeluarkan oleh pihak UNIB kemudian surat diserahkan kepihak LATUN. Pihak LATUN memberikan balasan surat sebagai persetujuan penelitian. Proses penelitian dilakukan sesuai dengan waktu yang tertera di surat perizinaan, setelah penelitian dilakukan pihak LATUN diberikan hasil penelitian berupa produk hasil penelitian sesuai dengan kajian penelitian. Ketiga, dilakukan pendekatan dengan nelayan disekitar Pantai Tapak Paderi untuk melakukan kemitraan, dengan cara bagi hasil berkaitan dengan transportasi ke Pulau Tikus. Selain itu, para nelayan membantu dalam melestarikan penyu dan terumbu karang dengan cara memberikan kepada pihak LATUN apabila para nelayan mendapatkan penyu dan terumbu karang saat bekerja. Kata Kunci: LATUN, Strategi, Kolaborasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:10
Last Modified: 05 Sep 2024 04:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21198

Actions (login required)

View Item View Item