PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI LOMPAT JAUH DALAM PEMBELAJARAN ATLETIK DI SMPN 5 KOTA BENGKULU

Yanti, Selvi Dwi and Ari, Sutisyana and Bogy, Restu Ilahi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI LOMPAT JAUH DALAM PEMBELAJARAN ATLETIK DI SMPN 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Selvi Dwi Yanti A1H019008 Penjas_compressed (1) - selvi dwi yanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis video animasi pada materi lompat jauh dalam pembelajaran atletik di SMPN 5 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research And Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Pada penelitian ini peneliti membatasi hanya sampai tahap implementasi saja. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik SMPN 5 Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 5 Kota Bengkulu berjumlah 338 peserta didik, menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 16 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil dan 32 peserta didik untuk uji coba kelompok besar. Teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase. Data penelitian ini didapatkan dari hasil angket validasi para ahli dan angket respon peserta didik untuk penilaian kelayakan mengenai media pembelajaran berbasis video animasi yang telah dikembangkan. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 90.6% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 84%% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli pembelajaran memperoleh persentase sebesar 85.45% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis video animasi yang telah dikembangkan pada tahap uji coba kelompok besar memperoleh persentase rata- rata sebesar 80.06%. Hasil uji coba respon peserta didik diperoleh berada pada kategori “Layak” jika media pembelajaran berbasis video animasi digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Lompat Jauh, Media Pembelajaran, Video Animasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 06 Sep 2024 08:13
Last Modified: 06 Sep 2024 08:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21226

Actions (login required)

View Item View Item