PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD N 68 KOTA BENGKULU

Hastuti, Adetia and Dalifa, Dalifa and Neza, Agusdianita (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD N 68 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Adetia Hastuti_A1G018052_Skripsi - Adetia Hastuti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SD N 68 Kota Bengkulu dengan menerapkan model discovery learning berbantuan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVB SDN 68 Kota Bengkulu yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes. Teknik analisis data observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai setiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai dan presentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian aktivitas guru siklus I yaitu memperoleh rata-rata skor 38,5 (kategori baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 52 (kategori sangat baik). Hasil skor aktivitas siswa siklus I yaitu memperoleh rata-rata skor 37,5 (kategori baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 52,5 (kategori sangat baik). Hasil skor motivasi belajar siklus I yaitu 10,82 (kategori baik) meningkat pada siklus II yaitu 13,14 (kategori sangat baik). Hasil belajar siswa siklus I mapel Bahasa Indonesia diperoleh nilai rata-rata 70,8 dengan ketuntasan klasikal 52% meningkat pada siklus II yaitu 84,4 dengan ketuntasan klasikal 80%. Mapel IPA pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 74,8 dengan ketuntasan klasikal 72% meningkat pada siklus II yaitu 75,6 dengan ketuntasan klasikal 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas IV SDN 68 Kota Bengkulu. Kata kunci: Discovery Learning, Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 09 Sep 2024 09:07
Last Modified: 09 Sep 2024 09:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21237

Actions (login required)

View Item View Item