PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO JARING - JARING BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS VI BENGKULU UTARA

Safira, Ayu and Neza, Agusdianita and Resnani, Resnani (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO JARING - JARING BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS VI BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
BAB 1-5 SKRIPSI AYU SAFIRA_compressed - Ike Rahma.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media video jaring-jaring bangun ruang terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika kelas V SD Gugus VI Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh SD Negeri gugus VI yang berakreditasi B, dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas V SDN 44 Bengkulu Utara sebagai kelas kontrol dan SDN 45 Bengkulu Utara sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis dari hasil nilai siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan lembar kerja siswa. Hasil penelitian didapat nilai uji normalitas pada data pretest siswa, didapat nilai signifikansi sebesar 0,964 > nilai α sebesar 0.05 dengan kesimpulan bahwa setatus nilai varian pretest kelas ekperimen dan kelas kontrol berasal dari varian yang homogen. Pada data posttest siswa, didapat nilai signifikansi sebesar 0,000 < nilai α sebesar 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa setatus nilai varian postest kelas ekperimen dan kelas kontrol dengan varian yang tidak homogen atau dapat dikatakan tidak sama. Pada analisis hipotesis, pada tabel hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji T pada program SPSS di atas di interpretasi bahwa nilai thitung (8,184) > ttabel (1,708) maka disimpulkan video jaring-jaring bangun ruang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap nilai Matematika siswa. Kata Kunci: Matematika Sekolah Dasar, Media Video Jaring-Jaring Bangun Ruang.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:47
Last Modified: 10 Sep 2024 02:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21238

Actions (login required)

View Item View Item