PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V D SDN 77 KOTA BENGKULU

Walanty, Putri and Sri, Dadi and Neza, Agusdianita (2023) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V D SDN 77 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
PUTRI WALANTY_A1G019067_PGSD JIP FKIP UNIB - Putri Walanty.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) di kelas VD SDN 77 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrument penelitian dalam penelitian ini yang digunakan ada dua yaitu lembar observasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini ada dua yaitu analisis data prestasi belajar dan analisis data observasi. Pada siklus I motivasi belajar siswa mendapat kriteria baik dan sangat baik adalah 10 orang dengan persentase 29,4%. Pada siklus II, motivasi belajar siswa mendapat kriteria baik dan sangat baik adalah 33 orang dengan persentase 97,05%. Pada aspek prestasi belajar siswa, peningkatan dari siklus I rata-rata mata pelajaran IPS 69,93 menjadi 83,82 dengan ketuntasan klasikal 61,76 % menjadi 85,29 % pada siklus II. Rata-rata mata pelajaran Bahasa Indonesia dari siklus I 71,10 menjadi 83,68 dengan ketuntasan klasikal 58,82 % menjadi 91,18 % pada siklus II. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VD SDN 77 Kota Bengkulu meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Model TGT, Motivasi, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 02:47
Last Modified: 10 Sep 2024 02:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21246

Actions (login required)

View Item View Item