STUDI DESKRIPTIF KEGIATAN BERANI TAMPIL CERIA (BETARIA) DALAM RANGKA PEMBINAAN KEMANDIRIAN PADA SISWA DI SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU

Novela, Rieke and Osa, Juarsa and Neza, Agusdianita (2023) STUDI DESKRIPTIF KEGIATAN BERANI TAMPIL CERIA (BETARIA) DALAM RANGKA PEMBINAAN KEMANDIRIAN PADA SISWA DI SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
RIEKE NOVELA A1G019042 - Rieke Novela.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan Berani Tampil Ceria (Betaria) merupakan sebuah program atau rangkaian acara yang diadakan di SD Negeri 02 Kota Bengkulu setiap hari Kamis pagi mulai pukul 07:30 hingga 08:00. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk tampil di depan umum, meningkatkan kepercayaan diri, serta mengembangkan kemampuan berbicara dan berkomunikasi.Oleh karena itu tujuan penelitian mendeskripsikan bagaimana kegiatan Berani Tampil Ceria (Betaria) dalam rangka pembinaan kemandirian pada siswa di SD Negeri 02 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa SD Negeri 02 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji kredibilitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu pembinaan kemandirian yang dilakukan oleh guru pada kegiatan Betaria memiliki empat tema, pada minggu pertama yaitu tema bahasa indonesia, minggu kedua tema kesenian, minggu ketiga tema bahasa inggris dan minggu keempat yaitu tema keagamaan. Pada kegiatan betaria ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kegiatan Betaria dalam pembinaan kemandirian siswa dapat menumbuhkan sikap kemandirian pada siswa.Siswa setelah mendapatkan pembinaan kemandirian melalui kegiatan Betaria siswa menjadi aktif, siswa memiliki etos kerja yang baik, siswa menjadi berani aktif tampil ke depan, siswa memiliki keinginan sendiri menyampaikan pendapat tanpa perintah dari orang lain dan siswa menjadi bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya karena adanya kegiatan Betaria. Kata Kunci: Pembinaan Kemandirian, Kegiatan Berani Tampil Ceria (Betaria)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:51
Last Modified: 10 Sep 2024 04:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21258

Actions (login required)

View Item View Item