ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN NEWMAN ERROR ANALYSIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERBANDINGAN KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Suma, Kalia and Dewi, Rahimah and Nurul, Astuty Yensy (2023) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN NEWMAN ERROR ANALYSIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERBANDINGAN KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
KALIA SUMA_A1C019004_PENDIDIKAN MATEMATIKA - 004 Kalia Suma.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan serta faktor�faktor penyebab yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan wawancara. Subjek penelitian ini ialah kelas VII-B SMP Negeri 10 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 peserta didik. Analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) jenis-jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik berupa kesalahan membaca rata-rata 0% , kesalahan memahami dengan rata-rata 15,28%, kesalahan transformasi rata-rata 20,83%, kesalahan keterampilan proses rata-rata 37,50%, dan kesalahan jawaban akhir rata-rata 70,84%, 2) faktor penyebab kesalahan dalam memahami, transformasi, keterampilan proses dan jawaban akhir dalam penelitian ini adalah tidak dapat menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, kehabisan waktu, tidak terbiasa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, kurang mampu menuangkan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, kurang paham perbandingan antara harga dengan barang atau jumlah hari dengan jumlah pekerja, kurang memahami materi atau perbedaan antara perbandingan senilai dan berbalik nilai, terburu-buru, salah dalam tahap sebelumnya, kurang menguasai operasi perhitungan dasar matematika seperti perkalian, pembagian, kurang paham cara menuliskan kesimpulan dan tidak terbiasa menulis kesimpulan. Kata Kunci : Deskriptif, Analisis Kesalahan Siswa, Kualitatif, Soal Cerita.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:54
Last Modified: 10 Sep 2024 04:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21261

Actions (login required)

View Item View Item