PERAN GURU SEBAGAI PENGAJAR DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA (STUDI KASUS) SISWA KELAS VA SD NEGERI 82 KOTA BENGKULU

Rahmawati, Alifia Rizki and Herman, Lusa and Dalifa, Dalifa (2023) PERAN GURU SEBAGAI PENGAJAR DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA (STUDI KASUS) SISWA KELAS VA SD NEGERI 82 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI ALIFIA RIZKI RAHMAWATI - Alifia Rizki rahmawati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pengajar dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas VA SD Negeri 82 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri 82 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga kesulitan membaca: (1) kebiasaan membaca berupa, siswa membaca dengan menggerakkan kepala ke kiri dan kanan, membaca bacaan dengan menunjuk menggunakan jari, serta menempatkan buku bacaan dengan jarak pandang yang terlalu dekat. Upaya guru mengatasinya dengan cara memberikan perhatian kepada siswa dengan membiasakan siswa membaca dengan benar, (2) kekeliruan pemahaman yaitu siswa tidak mampu menjelaskan kembali informasi bacaan yang dibaca dan tidak mampu memahami bacaan yang dibaca, upaya guru mengatasinya dengan menjelaskan kembali materi yang tidak dipahami, memberikan latihan soal untuk mengembangkan pemahaman siswa dalam memahami bacaan, memberikan penilaian untuk memotivasi (3) gejala serbaneka, siswa membaca kata demi kata dan membaca dengan penekanan tanda baca yang tidak tepat, upaya guru dalam mengatasinya dengan meluangkan waktu untuk membimbing siswa belajar membaca serta memberikan motivasi. Kata kunci : Peran Guru, Pengajar, Kesulitan Membaca

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:52
Last Modified: 10 Sep 2024 04:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21263

Actions (login required)

View Item View Item