PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN GUGUS XII KOTA BENGKULU

Ikhsan,, Fakhrurrozi and Neza, Agusdianita and Sri, Dadi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN GUGUS XII KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI FAKHRURROZI A1G019028 - fakhrurrrozi ikhsan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V SDN Gugus XII Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode Quasi Experimental, desain penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa Kelas V SDN Gugus XII Kota Bengkulu, yang terdiri dari SDN 81 Kota Bengkulu, SDN 99 Kota Bengkulu, SDN 20 Kota Bengkulu dan SDN 60 Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SDN 99 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol dan kelas V SDN 81 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar tes berbentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest dan posttest. Pretest diberikan sebelum pembelajaran berlangsung, sedangkan posttest diberikan setelah kegiatan pembelajaran berlangsung baik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji inferensial. Berdasarkan hasil uji t pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t hitung 0,457 < t tabel 1,672,maka kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama, dan hasil uji t data posttest, nilai thitung 3,085 > nilai ttabel 1,672 maka H0 ditolak atau terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Artinya terlihat bahwa rata-rata akhir hasil belajar posttest kelas eksperimen dan kontrol berbeda, Sehingga berdasarkan deskripsi di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas V SDN gugus XII Kota Bengkulu. Kata Kunci: Model Pembelajaran problem based learning, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:52
Last Modified: 10 Sep 2024 04:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21265

Actions (login required)

View Item View Item