ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

APRILIA, NABILA and Dewi, Rahimah and Tria, Utari (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Nabila Aprilia_A1C019066_Prodi Pendidikan Matematika - 066Nabila Aprilia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dan kendala yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal open-ended materi segitiga dan segiempat kelas VIII SMP N 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebanyak 32 orang. Pengumpulan data menggunakan tes soal open-ended dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi segitiga dan segiempat kelas VIII A SMP N 11 Kota Bengkulu berada pada tingkat kreatif (45%). Rata-rata indikator kemampuan berpikir kreatif yang dicapai yaitu, fluency (99%). flexibility (48%), originality (29%), dan elaboration (55%). Sedangkan kendala yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kreatif yaitu siswa kurang mampu memunculkan cara lain dalam menjawab soal, siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dengan cara yang unik, serta siswa masih salah dalam menafsirkan maksud dari soal. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif; Soal Open-Ended; Segitiga dan Segiempat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:54
Last Modified: 10 Sep 2024 04:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21267

Actions (login required)

View Item View Item