PENGEMBANGAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILLS BERBASIS BUDAYA BENGKULU UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP

Umam Al Parisi, Sahrul and Saleh, Haji and Dewi, Rahimah (2023) PENGEMBANGAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILLS BERBASIS BUDAYA BENGKULU UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI FINAL_SAHRUL UMAM AL PARISI_A1C019036_PEND. MATEMATIKA_compressed_compressed - 036 Sahrul Umam Al Parisi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan soal HOTS berbasis Budaya Bengkulu yang valid, reliabel, dan praktis serta mengetahui kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE yang meliputi tahap Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPIT Cahaya Rabbani Kepahiang. Penelitian ini menghasilkan soal HOTS berbasis Budaya Bengkulu pada tingkatan kognitif C4 dan C5 materi aritmatika sosial. Hasil Penelitian menunjukkan soal yang dikembangkan: (1) valid berdasarkan indeks Aiken’s V semua kategori validitas logis (isi, konstruk, dan bahasa) sebesar 0,88 – 0,98 serta berdasarkan hasil uji validitas empiris menunjukkan rhitung (0,678–0,859) > (0,413), (2) reliabel berdasarkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,896 tingkat kesukaran dalam kriteria sedang dan sukar, serta daya pembeda dalam kriteria baik dan cukup, (3) praktis berdasarkan nilai kepraktisan (VR) sebesar 3,94, (4) kemampuan penalaran matematis 22 peserta didik dalam menyelesaikan soal yang dikembangkan 9,09% dalam kategori sangat rendah, 40.91% dalam kategori rendah, 45.45% dalam kategori sedang, 4.55% dalam kategori tinggi. Soal yang dikembangkan mampu menarik minat, memotivasi, menantang pola pikir, memberikan pengalaman, membiasakan, melatih, dan mengembangkan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Kata Kunci: Budaya Bengkulu, HOTS, Penalaran Matematis, Penelitian dan Pengembangan, Soal Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:54
Last Modified: 10 Sep 2024 04:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21268

Actions (login required)

View Item View Item