AZNI NURCAHYATI,, SARI and Saleh, Haji and Ringki, Agustinsa (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Skripsi Sari Azni Nurcahyati_A1C019024 - 024 sari azni nurcahyati.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Statistika kelas VIII SMPN 6 Seluma yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri atas 4 tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Instrumen penelitian terdiri dari instrumen validitas, instrumen kepraktisan, dan instrumen tes pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis Project Based Learning termasuk dalam kategori: (1) Sangat Valid dengan memperoleh rata-rata skor validasi 4,64 dengan kategori sangat valid dan hasil uji reliabilitas antar validator menggunakan skor ICC sebesar 0,998 dengan kategori sangat baik; (2) Sangat Praktis dengan skor rata-rata kepraktisan oleh peserta didik dan guru sebesar 4,55; (3) Efektif dari perolehan skor N-Gain sebesar 0,7676 dengan kategori tinggi dan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal mencapai 86,2% peserta didik mendapatkan nilai di atas KKM (≥ 75). Kata Kunci: LKPD, Pemahaman Konsep Matematis, Penelitian Pengembangan, Project Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 07:31 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 07:31 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21272 |
Actions (login required)
View Item |