PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BOOKLET MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP

WULANDARI, GIANTI and Dewi, Rahimah and Tria, Utari (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BOOKLET MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi_A1C019007_Gianti Wulandari_Pendidikan Matematika_compressed - 007Gianti Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar booklet matematika berbasis etnomatematika budaya Bengkulu pada materi lingkaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menerapkan model pengembangan 4D dari (Thiagarajan dkk., 1974) dengan tahapan yaitu, define, design, develop, dan disseminate. Subjek Penelitian ini yaitu 34 orang peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 2 Kota Bengkulu pada semester II tahun ajaran 2022/2023 dan objek penelitian ini yaitu peningkatan disposisi matematis pada peserta didik di kelas VIII-D SMPN 2 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket disposisi matematis, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar booklet matematika berbasis etnomatematika budaya Bengkulu pada materi lingkaran termasuk dalam kategori: (1) valid berdasarkan 41 aspek penilaian dengan memperoleh skor rata�rata indeks aiken 0,73 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi menunjukkan : (a) pada validasi materi bahan ajar booklet matematika telah sesuai dengan materi lingkaran, mengintegrasikan indikator disposisi matematis, dan memuat etnomatematika budaya Bengkulu, (b) format, gambar, dan desain pada bahan ajar booklet matematika menarik sehingga mudah digunakan pada validasi konstruksi, (c) kalimat yang digunakan sederhana, mudah dipahami, jelas, serta penggunaan tanda baca yang tepat pada validasi bahasa. (2) Sangat praktis berdasarkan 10 aspek penilaian dengan memperoleh persentase keseluruhan 81% yang dilihat dari tampilan booklet, kombinasi warna, penyajian materi, dan penggunaan booklet. (3) efektif meningkatkan disposisi matematis berdasarkan hasil perhitungan N�Gain dari angket disposisi matematis peserta didik dengan skor rata-rata 0,451 dengan kategori sedang. Kata Kunci : Etnomatematika Budaya Bengkulu, Bahan Ajar, Penelitian Pengembangan, Booklet, Lingkaran, Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:31
Last Modified: 10 Sep 2024 07:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21275

Actions (login required)

View Item View Item