PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII SMPN 2 KOTA BENGKULU

Putri Nadiya, Cahayu Ramadhan and Della, Maulidiya and Zamzaili, Zamzaili (2023) PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII SMPN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Cahayu Ramadhan Putri Nadiya_A1C019054_Pendidikan Matematika - 054 Cahayu Ramadhan Putri Nadiya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis dan pemecahan masalah matematika adalah dua kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi SPLDV kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Metode kuantitatif dengan desain survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 71 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen untuk pengumpulan data berupa soal uraian sebanyak 10 soal yang terdiri dari 5 soal kemampuan pemahaman konsep matematis dan 5 soal pemecahan masalah. Analisis regresi menunjukkan bahwa bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 70%. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:43
Last Modified: 10 Sep 2024 07:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21277

Actions (login required)

View Item View Item