PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 41 KOTA BENGKULU

Pratiwi, Suci Bhakti and Sri, Dadi and Nani, Yuliantini (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 41 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI SUCI - A1G018103 - PGSD - suci bhakti pratiwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V C SDN 41 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 siswa. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil rata-rata penerapan model siklus I mencapai 59,5 katagori cukup dan siklus II mencapai 92 sangat baik. Aspek sikap rasa ingin tahu diperoleh hasil yang mendapat katagori baik dan sangat baik sebanyak 14 siswa atau 58,33%, siklus II diperoleh hasil yang mendapat katagori baik dan sangat baik 22 siswa atau 91,66%. Aspek pengetahuan bahasa Indonesia siklus I mencapai rata-rata kelas 72,70 dengan ketuntasan klasikal 75% dan siklus II rata- rata kelas 92,08 dengan ketuntasan klasikal 91,66%. IPS siklus I rata-rata kelas 71,45 dengan ketuntasan klasikal 70,83% siklus II rata-rata kelas 91,66 dengan ketuntasan klasikal 87,50%. Aspek keterampilan siklus I diperoleh hasil yang mendapat katagori baik dan sangat baik sebanyak 14 siswa atau 58,33%, siklus II diperoleh yang mendapat katagori baik dan sangat baik sebanyak 21 siswa atau 87,50%. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Learning Cycle meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SDN 41 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Model Pembelajaran Learning Cycle, Hasil Belajar Siswa Aspek Sikap, Pengetahuan, Keterampilan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:10
Last Modified: 10 Sep 2024 08:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21281

Actions (login required)

View Item View Item