ANALISIS NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM TEKS CERITA BUKU TEMATIK KELAS IV SD/MI TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN EDISI REVISI 2017

Balqis, Tiara and Abdul, Muktadir and Pebrian, Tarmizi (2023) ANALISIS NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM TEKS CERITA BUKU TEMATIK KELAS IV SD/MI TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN EDISI REVISI 2017. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI TIARA BALQIS (A1G016076) - PGSD UNIB - Tiara.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai karakter tanggung jawab dalam teks cerita pada buku Tematik kelas IV tema 4. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan model analisis konten. Instrumen pada penelitian adalah tabel indikator nilai karakter tanggung jawab. Teknik analisis data berupa analisis isi yang terdiri dari empat tahap, yaitu design of investigation, collection of data, analysis of data, serta summarizing and integrating the finding. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan validitas semantik berupa tabel kisi-kisi nilai karakter tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 teks cerita yang berpedoman pada 8 indikator mengandung nilai karakter tanggung jawab. Penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) indikator bersungguh-sungguh dalam segala hal terdapat dalam 4 teks, 2) indikator berusaha melakukan yang terbaik terdapat dalam 5 teks, 3) indikator rela berkorban terdapat dalam 6 teks, 4) indikator disiplin terdapat dalam 1 teks, 5) indikator dapat dipercaya terdapat dalam 1 teks, 6) indikator taat aturan terdapat dalam 2 teks, 7) indikator jujur dalam bertindak terdapat dalam 1 teks, dan 8) indikator berani menanggung risiko terdapat dalam 4 teks. Kata kunci: nilai karakter tanggung jawab, teks cerita, pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:10
Last Modified: 10 Sep 2024 08:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21282

Actions (login required)

View Item View Item