PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DI SMPN 7 KOTA BENGKULU

TRI UTAMI, HANISAH and Ringki, Agustinsa and Nur, Aliyyah Irsal PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DI SMPN 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_HANISAH TRI UTAMI_A1C018051_S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA 2 - Hanisah Tri Utami.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur ADDIE yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluations) yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektifitas. Penelitian dilakukan di SMPN 7 Kota bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Kepraktisan LKPD diuji pada sembilan orang peserta didik kelas VIII A. efektifitas LKPD diuji pada 26 peserta didik kelas VIII B. instrumen penelitian ini adalah lembar validasi, lembar kepraktisan dan lembar efektifitas. Hasil peneitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP termasuk dalam kategori: (a) sangat valid berdasarkan hasil penilaian validator dari aspek materi, konstruksi dan bahasa dengan skor 0,93, (b) sangat praktis berdasarkan aspek penilaian kepraktisan, (c) efektif berdasarkan rata-rata nila tes hasil belajar dan presentase ketuntasan klasikal peserta didik. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Based Learning, Penelitian Pengembangan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:10
Last Modified: 10 Sep 2024 08:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21283

Actions (login required)

View Item View Item