Marshella, Tiara Sonya and Endang, Widi Winarni and Irfan, Supriatna (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTU MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI TIARA SONYA MARSHELLA (A1G019025)_compressed_compressed - Tiara Sonya Marshella.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media kartu kuartet terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 5 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan sampel berdasarkan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk pretest dan posttest serta lembar observasi keterlaksanan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan media kartu kuartet. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis nilai posttest menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis (uji-t) dengan nilai thitung (2,225) > ttabel (1,998). Berdasarkan pengujian thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media kartu kuartet terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 5 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe STAD, Media Kartu Kuartet, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:10 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:10 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21284 |
Actions (login required)
View Item |