PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IIID SDN 77 KOTA BENGKULU

Oktarina, Rizki Tria and Herman, Lusa and Hasnawati, Hasnawati (2023) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IIID SDN 77 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_RIZKI TRIA OKTARIAN_A1G019083_PGSD_FKIP_UNIB - Rizki Tria Oktarina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik melalui model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IIID SDN 77 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini siswa kelas IIID SDN 77 Kota Bengkulu tahun ajaran 2023/2024. Jumlah siswa kelas IIID, total siswa 48 dengan rincian 29 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan pada lembar observasi, yaitu rumus nilai rata-rata dan untuk hasil belajar menggunakan rumus nilai rata-rata dan presentase ketuntasan ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik, Terlihat pada siklus I nilai rata-rata aktivitas guru 26,5 meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 34. Pada aktivitas siswa siklus I nilai rata-rata 27,5 meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 34. Pada hasil belajar siswa siklus I muatan Bahasa Indonesia jumlah siswa memiliki nilai tuntas 32 siswa meningkat 41 siswa. Nilai rata-ratanya pada siklus I 70,31 meningkat pada siklus II 77,60. Presentasi pada siklus I 66,66% meningkat pada siklus II 85,41%. Pada hasil belajar siswa siklus I muatan SBdP jumlah siswa memiliki nilai tuntas 38 siswa kemudian meningkat 43 siswa. Nilai rata-ratanya pada siklus I 74,47 meningkat pada siklus II 80,20. Presentasi pada siklus I 79,16% meningkat pada siklus II 89,58%. Dapat disimpulkan melalui model pembelajaran picture and picture meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas IIID SDN 77 Kota Bengkulu. Kata kunci: Model Pembelajaran Picture and Picture, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:10
Last Modified: 10 Sep 2024 08:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21288

Actions (login required)

View Item View Item