PENGARUH PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPA SISWA KELAS V SDN TERAKREDITASI A DI KOTA BENGKULU

Rusmana, Ronaldo Hadi Okta and Feri, Noperman and Herman, Lusa (2023) PENGARUH PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPA SISWA KELAS V SDN TERAKREDITASI A DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_RONALDO HADI OKTA RUSMANA_A1G019006 - Ronaldo Hadi Okta Rusmanna.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan TikTok sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar tematik muatan IPA siswa kelas V SDN terakreditasi A di Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching only prettest-posttest control group desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh SD yang ada di Kota Bengkulu yang terakreditasi A dan diperolehlah SDN 02 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan SDN 82 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian ini kelas VB dari SDN 02 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen, dan kelas VA dari SDN 82 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda. Pengambilan tes dilakukan dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data data menggunakan analisis statistik desriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji-t didapatkan nilai thitung (2,09) data nilai ttabel (1,67) pada taraf signifikan 5%, secara statistika terlihat thitung (2,09) > ttabel (1,67), maka dapat disimpulkan terdapat penggaruh penggunaan TikTik sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar tematik muatan IPA siswa kelas V SDN terakreditasi A di Kota Bengkulu. Kata Kunci: Penggunaan TikTok, Hasil Belajar Tematik Muatan IPA

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:10
Last Modified: 10 Sep 2024 08:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21289

Actions (login required)

View Item View Item