PENGEMBANGAN MEDIA ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING SUITE DAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT KELAS VII S

Dwi Sefrina, Nafisah and Della, Maulidiya and Ringki, Agustinsa (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING SUITE DAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT KELAS VII S. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsii_Nafisah Dwi Sefrina - 057Nafisah Dwi Sefrina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media android pada materi segi empat dengan model pembelajaran Discovery Learning yang memenuhi kategori valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahap analisis, desain, pengembangan ,penerapan dan evaluasi . Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan dan soal tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Validasi media android dilakukan oleh tiga orang validator. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media android menggunakan Ispring Suite dan Discovery Learning termasuk dalam kategori : (1) valid berdasarkan 32 aspek penilaian yang terdiri dari 13 aspek penilaian materi, 12 aspek penilaian kontruksi dan 7 aspek penilaian bahasa dengan rata-rata skor 0,89972 berada pada kategori sangat valid. (2) Sangat praktis dari 12 aspek penilaian dengan rata-rata skor 88% berada pada kategori sangat praktis. (3) Efektif dari hasil ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu minimal 93% dengan memperoleh nilai ≥ 75 dan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan N-Gain sebesar 0,704 berada pada kategori “tinggi”. Kata kunci : Discovery Learning, Ispring Suite, Penelitian Pengembangan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:58
Last Modified: 10 Sep 2024 08:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21295

Actions (login required)

View Item View Item