ANALISIS INTERNALISASI NILAI GOTONG ROYONG DALAM PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN PIKET SISWA KELAS II DI SD NEGERI 24 BENGKULU TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023

Wenti, Rofika Arum Sukma and Puspa, Djuwita and Dwi, Anggraini (2023) ANALISIS INTERNALISASI NILAI GOTONG ROYONG DALAM PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN PIKET SISWA KELAS II DI SD NEGERI 24 BENGKULU TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI-ROFIKA ARUM SUKMA WENTI (A1G019012) - Rofika Arum Sukma Wenti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi nilai gotong royong pada kegiatan piket siswa serta tahapannya di SD Negeri 24 Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa dan guru kelas II, serta kepala sekolah. Sebagai instrumen kunci, peneliti menyiapkan alat yang digunakan dalam penelitian, yaitu lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai gotong royong dilakukan dengan berpedoman pada tahapan internaliasi nilai, yaitu transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Pada tahapan transformasi nilai, guru memberikan pengetahuan nilai gotong royong melalui nasihat dan pembelajaran. Pada tahapan transaksi nilai, guru mengajak siswa untuk mengamalkan nilai gotong royong pada kegiatan piket kelas serta memberikan contoh dan teladan yang baik kepada siswa melalui kepribadiannya. Pada tahapan transinternalisasi nilai, guru juga memberi kesempatan kepada siswa untuk mengaktualisasikan nilai gotong royong yang sudah diajarkan. Selain itu, internalisasi nilai membutuhkan dukungan penuh dari sekolah, orang tua dan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa program penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan piket dapat menjadi sarana efektif untuk menginternalisasi nilai gotong royong pada siswa kelas II. Namun, diperlukan upaya lebih lanjut dengan memperkuat kerjasama antara sekolah, orang tua dan masyarakat. Kata Kunci: Internalisasi, Karakter, Gotong Royong, Kegiatan Piket

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:58
Last Modified: 10 Sep 2024 08:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21301

Actions (login required)

View Item View Item