PENGELOLAAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 12 BENGKULU TENGAH

ZULKIFLI, ZULKIFLI and Connie, Connie and Asti, Putri Kartiwi (2023) PENGELOLAAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 12 BENGKULU TENGAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
2.Perpustakaan_Zulkifli_A2K021067_Tesis - Wisuda - zulkifli aharis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan deskripsi tentang pengelolaan kurikulum merdeka di SDN 12 Bengkulu Tengah.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif,dengan subjek penelitian ruang kegiatan belajar, kepala sekolah,guru,komite sekolah dan proses pengelolaan kurikulum merdeka yang meliputi perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaan,evaluasi dan rencana tindak lanjut,data dikumpulkan melalui observasi,dokumentasi dan wawancara dengan kepala sekolah, wali kelas, guru dan komite sekolah,data dianalisis dengan langkah langkah;1) Reduksi data,2)penyajian data,3)Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka sudah dilaksanakan dikelas 1 dan kelas 4 dan sesuai dengan Keputasan Menteri Pendidikan,Kebudayaan,Riset,dan Teknologi nomor 56/M/2022.Guru yang mengajar dikelas 1 dan kelas 4 sudah menggunakan perangkat pembelajaran sesuai dengan kurikulum merdeka.Namun,sekolah juga menghadapi tantangan, seperti keterbatasan jaringan internet yang menghambat penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi kepala sekolah melalui penerapan kurikulum merdeka. Kata Kunci : Penerapan kurikulum,Kurikulum Merdeka,SD

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 11 Sep 2024 01:56
Last Modified: 11 Sep 2024 01:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21312

Actions (login required)

View Item View Item