RANCANG BANGUN PROTOTIPE POWERBANK BERBASIS SOLAR CELL SEBAGAI ALAT PERAGA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

Delima, Ega Marita and Afrizal, Mayub and Euis, Nursaadah (2023) RANCANG BANGUN PROTOTIPE POWERBANK BERBASIS SOLAR CELL SEBAGAI ALAT PERAGA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
EGA MARITA DELIMA_A2L021007_S2 PENDIDIKAN IPA - Ega Marita Delima.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan lama waktu pengisian aki prototipe powerbank berbasis solar cell; (2) Mendeskripsikan daya keluaran prototipe powerbank berbasis solar cell saat proses charging HP; (3) Mendeskripsikan kelayakan alat peraga prototipe powerbank berbasis solar cell; (4) Mendeskripsikan peningkatan literasi sains siswa setelah menggunakan alat peraga prototipe powerbank berbasis solar cell pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Evaluation. Hasil pengukuran waktu rata-rata pengisian aki prototipe powerbank berbasis solar cell selama 177,33 menit atau 2 jam 57,33 menit. Daya keluaran rata-rata prototipe powerbank berbasis solar cell selama satu jam saat pengecasan HP yaitu 2,78 watt untuk HP berkapasitas baterai 3075 mAh. Sedangkan untuk HP berkapasitas baterai 4230 mAh diperlukan daya sebesar 3,50 watt. Tingkat kelayakan alat peraga prototype powerbank berbasis solar cell berdasarkan hasil validasi ahli memperoleh rata–rata indeks validasi Aiken sebesar 0,982 dengan kategori valid/layak. Sedangkan LKPD memperoleh nilai rata-rata indeks V Aiken sebesar 0,97 dengan kategori valid/layak digunakan sebagai alat peraga pembelajaran IPA materi teknologi ramah lingkungan. Subjek penelitian adalah 23 orang siswa kelas IX.2 (kelas eksperimen) dan IX.3 (kelas kontrol) SMP Negeri 4 Bengkulu Tengah yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Penggunaan alat peraga prototype powerbank berbasis solar cell dapat meningkatkan literasi sains siswa. Kelas ekperimen memperoleh nilai N-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 0,55 dengan kategori peningkatan sedang. Berdasarkan hasil uji independent sample test diperoleh nilai sig. (2 tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti bahwa alat peraga prototype powerbank berbasis solar cell yang digunakan pada pembelajaran IPA mempengaruhi peningkatan literasi sains siswa. Kata Kunci : Alat Peraga IPA, Energi Terbarukan, Solar Cell, Literasi Sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:24
Last Modified: 11 Sep 2024 03:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21345

Actions (login required)

View Item View Item