PENGEMBANGAN E-BOOKLET PEMBELAJARAN TERPADU BERDASARKAN POTENSI MINUMAN BUAH SEGAR ETLINGERA (MSBE) SEBAGAI FITOFARMAKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

Sari, Fenty Fitrian and Aceng, Ruyani and Euis, Nursaadah (2023) PENGEMBANGAN E-BOOKLET PEMBELAJARAN TERPADU BERDASARKAN POTENSI MINUMAN BUAH SEGAR ETLINGERA (MSBE) SEBAGAI FITOFARMAKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
FENTY FITRIAN SARI_A2L021009.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pengaruh pemberian MSBE terhadap kadar merkuri dan glukosa darah pada penambang emas rakyat, 2) mendeskripsikan kelayakan e-booklet yang dikembangkan sehingga dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SMPN 03 Lebong dan 3) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik SMPN 03 Lebong setelah menggunakan e-booklet terintegrasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan model ADDIE dengan metode quasi eksperiment yang melibatkan 48 orang peserta didik kelas VIII SMP N 03 Lebong. Penelitian ini termasuk dalam penelitian uji klinis terbatas . Hasil penelitian menunjukkan pemberian MSBE berpengaruh secara signifikan terhadap penurunan kadar glukosa dan merkuri pada darah penambang emas (t hit ˃ t tab). Data hasil penelitian sains kemudian dikembangan menjadi E- booklet pembelajaran terpadu tipe koneksi. Untuk melihat kelayakan E-booklet dilakukan validasi dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, dan kegrafisan dengan rata- rata skor 96% dengan kategori layak digunakan sebagai bahan ajar. Pengembangan E-booklet pembelajaran terpadu menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi ketika dalam proses pembelajaran peserta didik menggunakan e-booklet (kelas eksperimen) dibandingkan dengan tidak menggunakan e-booklet (kelas Kontrol). Hal tersebut dibuktikan dari nilai N-Gain pretes dan postest pada kelas eksperimen sebesar 0,7 dengan kategori tinggi, hasil uji signifikansi (0,000<0,05) dan peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen 28,37 sedangkan kelas kontrol 14,71. Kata Kunci: E-Booklet terkoneksi, MSBE, Fitofarmaka, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:24
Last Modified: 11 Sep 2024 03:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21346

Actions (login required)

View Item View Item