INDUKSI KALUS JARINGAN ENDOSPERM JERUK KALAMANSI PADA BEBERAPA JENIS MEDIA DAN ZAT PENGATUR TUMBUH UNTUK MEMPEROLEH JERUK TRIPLOID TANPA BIJI

Herawati, Reny and Hesti, Pujiwati INDUKSI KALUS JARINGAN ENDOSPERM JERUK KALAMANSI PADA BEBERAPA JENIS MEDIA DAN ZAT PENGATUR TUMBUH UNTUK MEMPEROLEH JERUK TRIPLOID TANPA BIJI. Project Report. LPPM, Bengkulu. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Laporan Mandiri 2016.pdf
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (628kB) | Preview

Abstract

Jeruk Kalamansi (Citrus mitis) merupakan jenis buah jeruk yang berkembang pesat di Bengkulu, berbau harum, dan memiliki rasa yang asam ketika sudah masak, dan pahit ketika masih mentah. Jeruk Kalamansi dicanangkan sebagai produk unggulan di Bengkulu karena tingginya daya jual dan cepatnya masa produksi buah, yaitu enam bulan setelah masa tanam. Jeruk kalamansi banyak dibudidayakan di Bengkulu, dan diproduksi secara besar-besaran untuk dijual dalam hasil olahan bernama sirup kalamansi. Oleh karena itu, pemacuan produksi jeruk lokal akan memiliki urgensi penting karena disamping untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, konsumsi buah dan juga meningkatkan pendapan daerah setempat. Namun demikian jenis jeruk tersebut masih mempunyai biji yang relatif banyak (6-13 biji per buah), sehingga menyulitkan dalam proses pengolahan terutama sirup kalamansi sebagai salah satu produksi khas daerah Bengkulu. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membuat tanaman triploid jeruk lokal tipe baru tanpa biji (seedless) dengan warna yang menarik, dapat meningkatkan produktivitas, mutu buah, dan daya saing di pasar global (Khan, 2008). Salah satu cara pembentukan buah jeruk tanpa biji dapat dilakukan dengan kultur endosperm melalui kalus (Gmitter et al., 1990; Raza et al., 2003).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: Renny Herawati
Date Deposited: 22 Jul 2020 07:02
Last Modified: 28 Jul 2020 04:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21349

Actions (login required)

View Item View Item