Aisyahlika, Siti Zaya and M. Lutfi, Firdaus and Euis, Nursaadah (2023) PENGEMBANGAN BLOG PEMBELAJARAN SINTESIS METAL ORGANIC FRAMEWORKS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
Siti zaya perpus unib - Siti Zaya Aisyahlika.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan blog pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa yang menerapkan konten hasil sintesis MOFs Cr-BDC pada konsep materi adsorpsi limbah. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan model R&D tipe 4D. Subjek penelitian adalah 37 orang siswa-siswi kelas XII MAN Rejang Lebong. Ada dua tahapan analisis yang dilakukan yaitu analisis kapasitas adsorpsi limbah zat warna sebagai konteks pengembangan blog dan analisis pengembangan blog pembelajaran berbasis proyek terintegrasi literasi lingkungan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data kapasitas adsorpsi maksimum MOFs Cr-BDC terhadap zat warna Alizarin Red S (ARS) adalah 270,27 mg/g, pada berat 15 mg, waktu kontak 20 menit, pH 4, pada suhu 40°C dan konsentrasi 100 ppm. Sedangkan kapasitas adsorpsi maksimum Cr-BDC terhadap zat warna Colour Index Reactive Orange (CIRO) adalah 909,1 mg/g, pada berat 5 mg, waktu kontak 30 menit, pH 5, suhu 40°C dan konsentrasi 100 ppm. Proses adsorpsi terjadi secara kemisorpsi atau monolayer, mengikuti kinetika pseudo orde 2. Data validasi pengembangan blog diolah menggunakan Content Validity Index (CVI) dengan pedoman aiken tabel. Rata-rata hasil validasi ahli materi, ahli soal, dan ahli media pada blog pembelajaran berbasis proyek memperoleh nilai I-CVI>0,8 yang menyatakan bahwa blog pembelajaran layak digunakan sebagai bahan ajar. Konteks literasi lingkungan pada penelitian ini mengkaji masalah lokal terkait dampak pembuangan limbah terhadap perairan. Peningkatan literasi lingkungan siswa diperoleh dari hasil pretest dan postest. Berdasarkan rata-rata N-gain maka literasi lingkungan siswa setelah menggunakan blog pembelajaran berbasis proyek mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,72 pada kategori tinggi. Kata Kunci: Adsorpsi, Blog Pembelajaran, MOFs, Literasi Lingkungan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:25 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:25 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21352 |
Actions (login required)
View Item |