PENGEMBANGAN BLOG PEMBELAJARAN BERBASIS POE PADA KONTEKS ANALISIS MELAMIN MENGGUNAKAN NANOPARTIKEL EMAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Rani, Atikah Puspa and M. Lutfi, Firdaus and Euis, Nursaadah (2023) PENGEMBANGAN BLOG PEMBELAJARAN BERBASIS POE PADA KONTEKS ANALISIS MELAMIN MENGGUNAKAN NANOPARTIKEL EMAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
tesis perpus puspa_compressed - Atikah Puspa Rani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan blog pembelajaran kimia berbasis POE (Predict, Observe, Explain) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan model R&D tipe 4D yang melibatkan 30 orang siswa-siswi kelas XI MAN 1 Kota Bengkulu. Pada tahap analisis dilakukan analisis kebutuhan guru dan siswa sebagai dasar pengembangan blog pembelajaran dan analisis deteksi visual melamin menggunakan NPE (Nanopartikel Emas) secara spektrofotometri UV-VIS sebagai implementasi konten sains dalam proses pembelajaran materi polimer. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data bahwa NPE yang disintesis dari bioreduktor strawberry dapat mendeteksi melamin dengan konsentrasi NPE 5ppm dengan kondisi optimum pada pH 5, suhu optimum pada 75oC, waktu inkubasi optimum selama 5 menit, serta NPE yang selektif dan sensntif untuk mendeteksi melamin. Blog pembelajaran didesain berdasarkan model pembelajaran POE dengan mengacu terhadap lima indikator keterampilan berpikir kritis menggunakan website blogger. Selanjutnya untuk melihat kelayakan blog pembelajaran dilakukan validasi. Data validasi diolah menggunakan Content Validity Index (CVI) dengan pedoman aiken tabel. Rata-rata hasil validasi ahli materi, ahli soal, dan ahli media pada blog pembelajaran berbasis proyek memperoleh nilai I-CVI >0,8 yang menyatakan bahwa blog pembelajaran valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar pada tahap implementasi. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh dari hasil n-Gain pada skor pretest dan postest. Keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan blog pembelajaran berbasis POE mengalami peningkatan, ditunjukkan oleh rata-rata N-Gain 0,63 pada kategori sedang. N-Gain terendah sebesar 0,45 pada indikator menentukan suatu tindakan dan n-gain tertinggi sebesar 0,78 pada indikator memfokuskan pertanyaan. Kata Kunci: POE, NPE, melamin, keterampilan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:25
Last Modified: 11 Sep 2024 03:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21356

Actions (login required)

View Item View Item