PENGELOLAAN PROGRAM SMP NEGERI 56 SATU ATAP DI DAERAH TERPENCIL BENGKULU UTARA

Liza, Mona and Manap, Somantri and Connie, Connie (2023) PENGELOLAAN PROGRAM SMP NEGERI 56 SATU ATAP DI DAERAH TERPENCIL BENGKULU UTARA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Mona Liza PERPUSTAKAAN UNIB - Mona Liza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan program di SMP Negeri 56 Satu Atap di daerah terpencil Bengkulu Utara. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian didapatkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan program di SMP Negeri 56 Satu Atap dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program sekolah berdasarkan pedoman penyelenggaraan sekolah satu atap. Pengelolaan program sekolah meliputi: (1) pada perencanaan perlu peningkatan pada penempatan guru sesuai bidang studi, perencanaan pembiayaan perlu lebih diprioritaskan pada pengembangan sarana dan prasarana dan program hubungan sekolah dan masyarakat; (2) perlu peningkatan pada pelaksanaan peningkatan kompetensi guru; (3) perlu peningkatan pada pengawasan program hubungan sekolah dan masyarakat serta pengawasan pengadaan/perbaikan sarana dan prasarana; (4) hambatan dalam pengelolaan program yaitu: (a) kurangnya upaya peningkatan kompetensi guru; (b) sarana dan prasarana yang kurang memadai; (c) dana sekolah yang minim; (d) guru yang mengajar tidak sesuai dengan bidang studi karena kekurangan jam mengajar; (e) kesulitan sekolah dalam melakukan komunikasi dengan masyarakat; dan (f) belum optimalnya hubungan sekolah dan masyarakat; (5) solusi menghadapi hambatan: (a) peningkatan kompetensi guru; (b) pengajuan perbaikan dan pengadaan sarana dan prasarana pada dinas terkait; (c) pengajuan dana untuk pengembangan proses pembelajaran pada dinas terkait; (d) upaya rekrutmen peserta didik dengan membagikan seragam dan alat tulis gratis agar kuota kelas dapat bertambah sehingga guru dapat mengajar dengan standar jam mengajar yang baik; (e) membuat program yang dapat memperbaiki komunikasi dengan masyarakat; dan (f) melakukan optimalisasi hubungan sekolah dan masyarakat. Kata Kunci: Pengelolaan Program, Sekolah Satu-Atap, Daerah Terpencil

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:25
Last Modified: 11 Sep 2024 03:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21357

Actions (login required)

View Item View Item