PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANALISIS PARAMETER FISIS AIR SUNGAI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK

Wulandari, Winda Tri and Afrizal, Mayub and Henny, Johan (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANALISIS PARAMETER FISIS AIR SUNGAI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
Tesis Winda Tri Wulandari (A2L020013) - Winda Tri wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kelayakan e-modul berbasis parameter fisis air sungai untuk meningkatan literasi lingkungan dan penguasaan konsep peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode R&D model pengembangan ADDIE yaitu : analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini lembar angket pendahuluan, lembar validasi ahli, lembar validasi instrumen soal, lembar instrumen soal tes literasi lingkungan aspek konten dan konteks, lembar respon guru dan lembar respon peserta didik. Subjek penelitian yaitu 28 peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Uji coba skala terbatas menggunakan metode pre-eksperimen desain one group pretest-posttest. Berdasarkan pengembangan menghasilkan e-modul berbasis parameter fisis air sungai beserta perangkatnya: 1) Hasil analisis parameter fisis ketiga titik air Sungai Serut 5 dari 8 parameter fisis air sungai melewati ambang batas maksimum kelas 2. Sedangkan Hasil analisis parameter fisis ketiga titik air Sungai Hitam 3 dari 8 parameter fisis air sungai melewati ambang batas maksimum kelas 2. Pada hasil analisis parameter fisis ketiga air Sungai Jenggalu 2 dari 8 parameter fisis air sungai melewati ambang batas maksimum kelas 2. 2) Hasil uji validitas e-modul pada aspek kegrafisan sebesar 97%, aspek media sebesar 92%, aspek bahasa sebesar 92,5%, aspek penyajian sebesar 93% dan aspek isi sebesar 94,6%. Rata-rata tingkat kelayakan e-modul berbasis parameter fisis air sungai yang dikembangkan sebesar 93,8% dengan kategori sangat layak, 3) Literasi lingkungan peserta didik pada aspek konten setelah menggunakan e-modul diperoleh N-gain sebesar 0,74 yang masuk kategori tinggi. Sedangkan Literasi lingkungan peserta didik pada aspek konteks diperoleh N-gain sebesar 0,78 yang masuk kategori tinggi. Peningkatan nilai yang diperoleh peserta didik terlihat dari kemampuan peserta didik dalam menerima materi dan mengerjakan soal yang terdapat di e-modul sebagai bentuk evaluasi untuk menilai sejauh mana kemampuan literasi lingkungan peserta didik tinggi. 4) Hasil analisis respon guru dan peserta didik dengan rata-rata persentase masing-masing 90% dan 89,6% yang masuk ke kategori sangat baik, 5) Karakteristik e-modul berbasis parameter fisis air sungai yang dikembangkan yaitu materi disajikan bersifat kontekstual dari hasil parameter fisis air sungai dan bisa langsung digunakan, mudah diakses karena bisa diajarkan secara online, sistematis dan terstruktur dalam bentuk softfile. Kata kunci : e-modul, parameter fisis, literasi lingkungan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:25
Last Modified: 11 Sep 2024 03:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21360

Actions (login required)

View Item View Item