PEMANFAATAN BIODIVERSITAS MIKROALGA DANAU MAS HARUN BASTARI SEBAGAI PAKET PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL PADA MATERI EKOLOGI PERAIRAN UNTUK SMA

Tama, Yunika Elisa and Bhakti, Karyadi and Rendy, Wikrama Wardana (2023) PEMANFAATAN BIODIVERSITAS MIKROALGA DANAU MAS HARUN BASTARI SEBAGAI PAKET PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL PADA MATERI EKOLOGI PERAIRAN UNTUK SMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
tesis yunika (A2L019019) - library unib.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:1) mendeskipsikan keanekaragaman mikroalga di Danau Mas Harun Bastari Rejang Lebong; 2) mendeskripsikan tingkat kelayakan paket pembelajaran berbasis digital; 3) mendeskripsikan hasil implementasi paket pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi ekologi perairan kelas X SMAN 4 Rejang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and development dengan model ADDIE. Teknik pengambilan data mikroalga adalah teknik observasi dan teknik pengumpulan data kelayakan menggunakan angket serta teknik pengumpulan data keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan tes uraian berupa soal essay yang terdapat dalam paket pembelajaran digital. Data hasil penelitian dikembangkan dalam bentuk bahan ajar berupa paket pembelajaran digital. Pengambilan sampel mikroalga dilakukan di Danau Mas Rejang Lebong dengan tiga titik lokasi yaitu bagian timur, bagian selatan dan bagian utara Danau. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan sebanyak 22 spesies yang terdiri dari 6 divisi dan 10 ordo dengan total sebanyak 1462 individu. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media diperoleh kriteria sangat layak dengan persentase 92,70% dan layak diujicobakan sebagai bahan ajar materi ekologi kelas X pada tingkat Sekolah Menengah Atas. Hasil uji coba terbatas paket pembelajaran digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh persentase yaitu indikatir eksplanasi sebesar 71% dengan kategori tinggi dan indicator analisis memperoleh perentase sebesar 31% dengan kategori rendah. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa paket pembelajaran digital materi ekologi yang dikembangkan pada kategori rendah disebabkan karena belum biasa dilatihkan indicator-indikator dari keterampilan dalam berpikir kritis, masih kurangnya pembelajaran yang diterapkan dalam mengasah keterampilan berpikir kritis. Kata Kunci : Mikroalga, Paket Pembelajaran, Keterampilan Berpikir Kritis siswa, Danau Mas Harun Bastari

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:25
Last Modified: 11 Sep 2024 03:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21361

Actions (login required)

View Item View Item