LIDYANTI, NELFI and Sudarwan, Danim and Asti, Putri Kartiwi (2023) SUPERVISI KOMPETENSI TEKNIS TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI REMBAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
NELFI LIDYANTI_PERPUSTAKAAN UNIB (1) - nur meimana.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut supervisi tenaga administrasi sekolah oleh kepala sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriftif kualitatif, dengan menggunakan data observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai tehnik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi teknis staf administrasi di SMP Negeri Remban cukup baik, karena mereka memiliki komunikasi yang baik dan selalu bekerja sama untuk memperlancar pekerjaanya. Dari segi peran, kepala sekolah telah berperan dalam meningkatkan kompetensi teknis tenaga administrasi , hal ini ditunjukkan dengan seringnya kepala sekolah menyempatkan diri untuk sekedar berbicara dengan tenaga administrasi sehingga tidak ada rasa canggung atau takut, antara kepala sekolah dengan tenaga tata usaha selalu terjalin dengan baik. Implikasi dari penelitian ini adalah dapat dilihat bahwa kepala sekolah dan tenaga kependidikan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, oleh karena itu sangat diharapkan Kerjasama dan komunikasi yang baik antara kedua unsur tersebut sehingga kedepannya pelaksanaan, evaluasi dapat dijadikan sebagai panduan sebagai tindak lanjut jika ada kekurangan untuk diperbaiki. Keyword: Pengawasan, Kompetensi, Tenaga Administrasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:25 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:25 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21362 |
Actions (login required)
View Item |