ENGEMBANGAN SEKOLAH ADIWIYATA DI SMP 1 UJAN MAS KABUPATEN KEPAHIANG

RISMAIDA, RISMAIDA and Manap, Somantri and Connie, Connie (2023) ENGEMBANGAN SEKOLAH ADIWIYATA DI SMP 1 UJAN MAS KABUPATEN KEPAHIANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
RISMAIDA PERPUSTAKAAN UNIB - Rizki Alfridho.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan sekolah Adiwiyata di SMPN 1 Ujan Mas Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan 1) kondisi sebelum implementsi program Adiwiyata yaitu menerapkan kurikulum berbasis lingkungan hidup, proses pembelajaran belum memanfaatkan lingkungan sekolah, sarana-prasana utama telah tersedia, partisipasi warga sekolah aktif; 2) Kondisi saat implementasi program Adiwiyata yaitu telah menerapkan kurikulum berbasis lingkungan, oudoor learning, fasilitas lengkap, beberapa jenis kegiatan Adiwiyata telah diterapkan (Penanaman sayuran, pemeliharaan taman sekolah, pengleloaan pupuk kompos, bakti sosial kebersihan lingkungan sekolah, perlombaan kelas bersih dan jadwal piket sekolah bersih); 3) Kondisi implementasi program adiwiyata yaitu proses pembelajaran berjalan dengan baik karena memanfaatkan kondisi sekolah yang bersih, terdapat penambahan fasilitas sarana-prasarana pendukung program adiwiyata (tempat sampah, galon air minum, dan tempa cuci tangan di setiap depan kelas). Kata Kunci: Pengembangan, Sekolah Adiwiyata

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:59
Last Modified: 11 Sep 2024 03:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21367

Actions (login required)

View Item View Item