ANALISA PENGARUH DOUBLE-WINGLET PADA AERODINAMIKA SAYAP PESAWAT DENGAN VARIASI SUDUT TEKUK (CANT) WINGLET DOWN MENGGUNAKAN METODE CFD

AISYAH, VIHARTIYAH and Helmizar, Helmizar and Agus, Suandi (2019) ANALISA PENGARUH DOUBLE-WINGLET PADA AERODINAMIKA SAYAP PESAWAT DENGAN VARIASI SUDUT TEKUK (CANT) WINGLET DOWN MENGGUNAKAN METODE CFD. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi VihartiyahAisyah G1C015006.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Performa sebuah pesawat terbang dapat menurun yang diakibatkan oleh pusaran udara (vortex) yaitu meningkatnya koefisien drag dan menurunnya koefisien lift. Vortex terbesar dialami pada bagian wingtip dari sayap pesawat, sehingga untuk meminimalisir vortex tersebut dapat dilakukan modifikasi dengan cara pemberian winglet. Winglet dapat menurunkan nilai induced drag. Beberapa penelitian mengenai jenis winglet sudah pernah dilakukan yaitu jenis blended winglet tetapi pada penelitian ini dilakukan modifikasi pada bagian wingtip menggunakan double-winglet yang ditetapkan cant angle bagian winglet up (blended winglet) yaitu 45º dan memvariasikan cant angle pada bagian winglet down dengan cant angle 30º, 45º, 60º dan 90º. Penelitian ini memperlihatkan pengaruh double winglet terhadap karakteristik aerodinamika menggunakan CFD berupa ANSYS Fluent 16.0 pada airfoil NACA 65(3)-218 dengan memvariasikan sudut serang (angle of attack). Hasil analisis didapatkan bahwa pada double-winglet memiliki nilai rasio CL/CD lebih besar dibandingkan dengan wing without winglet dan blended winglet. Pada semua variasi wing ini, nilai rasio CL/CD maksimum berada pada sudut serang 4º. Double-winglet yang paling optimal terjadi pada winglet down dengan cant angle 60º yang meningkatkan rasio CL/CD sebesar 87.56% dari wing without winglet dan 8.41% dari blended winglet.. Dari hasil tersebut membuktikan bahwa double-winglet dapat mengurangi vortex dan nilai induced drag dibandingkan dengan variasi wing yang lain. Kata Kunci : Induced Drag, Karakteristik Aerodinamika, Komputasi Dinamika Fluida (CFD), Vortex, Winglet

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:39
Last Modified: 26 Aug 2020 02:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21370

Actions (login required)

View Item View Item