PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PENGELOLAAN PERILAKU BULLYING DI SMK NEGERI 2 BENGKULU SELATAN

MELIYOSTORI, NUNUNG and Sumarsih, Sumarsih and Connie, Connie (2023) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PENGELOLAAN PERILAKU BULLYING DI SMK NEGERI 2 BENGKULU SELATAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
SENIN 3 AGUSTUS 2023 TESIS DODO UNIB - NUNUNG MELIYOSTORI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Pengelolaan Perilaku Bullying di SMK Negeri 2 Bengkulu Selatan. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran guru bimbingan konseling dalam merencanakan pencegahan perilaku bullying secara umum telah diterapkan, (2) Peran guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi perilaku bullying juga telah diterapkan dan memberikan dampak yang sesuai dengan harapan dari teori yang digunakan pada penelitian ini, (3) Peran guru Bimbingan Konseling dalam mengevaluasi perilaku bullying dilihat dari evaluasi proses dan hasil juga dapat dikatakan sudah mengalami penurunan, (4) Walaupun ada beberapa hambatan yang dialami oleh guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi perilaku bullying namun hambatan tersebut dapat ditangani oleh guru Bimbingan Konseling dan pihak sekolah. Kata Kunci: Guru Bimbingan Konseling, Pengelolaan, Bullying

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 11 Sep 2024 04:01
Last Modified: 11 Sep 2024 04:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21371

Actions (login required)

View Item View Item