EFFRY SETIAWAN, WAWAN and Rambat, Nur Sasongko and Sumarsih, Sumarsih (2023) PENGELOLAAN PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN NUMERASI BERDASARKAN HASIL RAPOR PENDIDIKAN DI SMPN 01 BENGKULU UTARA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
Tesis Wawan FULL - wawan effry.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian menganalisis pengelolaan peningkatan mutu pembelajaran numerasi berdasarkan hasil rapor pendidikan di SMPN 01 Bengkulu Utara. Tujuan khusus menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan monitoring peningkatan mutu pembelajaran numerasi. Metode penelitian deskriptif kualitatif, bersubyek kepala sekolah, wakil kurikulum dan 1 orang guru IPA menggunakan instrumen pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada tahap perencanaan yaitu perencanaan berbasis data, perencanaan berorientasi pada siswa seperti pembinaan numerasi siswa, kompetisi internal sekolah, perencanaan berorintasi pada guru berupa In House Training Pembelajaran numerasi, penambahan fasilitas dan sumber numerasi. Tahap pelaksanaan melalui teknik numerasi sarana fisik dan fasilitas numerasi, lingkungan akademik dan peningkatan mutu guru numerasi. Monitoring berupa sasaran monitoring, intensifitas waktu, indikator pencapaian pelaksaan program dan identifikasi faktor pendukung/penghambat program. Melalui kebijakan pengelolaan peningkatan mutu yang baik maka meningkat pula kompetensi guru, kemampuan numerasi siswa dan proses pembelajaran numerasi di sekolah. Kata kunci: Pengelolaan, Mutu Pembelajaran, Numerasi, Rapor Pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 01:41 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 01:41 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21379 |
Actions (login required)
View Item |