ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA KELAS IA JAKARTA PUSAT NOMOR 164/PDT.G/2010/PAJP TENTANG CERAI GUGAT DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (KAJIAN PERKARA GUGATAN PENGEMBALIAN MAHAR)

EGA, SEPTIARA DEWI and Sirman, Dahwal and Akhmad, Muslih (2017) ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN AGAMA KELAS IA JAKARTA PUSAT NOMOR 164/PDT.G/2010/PAJP TENTANG CERAI GUGAT DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (KAJIAN PERKARA GUGATAN PENGEMBALIAN MAHAR). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI Ega Ada Cap.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (718kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Putusan Pengadilan Agama Kelas IA Jakarta Pusat Nomor 164/Pdt.G/2010/PAJP Tentang Cerai Gugat Ditinjau Dari Hukum Islam (Kajian Perkara Gugatan Pengembalian Mahar)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keputusan yang diputus oleh hakim pada putusan perkara Nomor 164/Pdt.G/2010/PAJP apakah telah sesuai atau tidak dengan dasar pertimbangannya dan untuk mengetahui pengaturan mengenai mahar di dalam norma hukum Islam Indonesia. Permasalahan hukum dalam skripsi ini yaitu apakah keputusan hakim dalam memutuskan Putusan Perkara Nomor 164/PDT.G/2010/PAJP telah sesuai dengan dasar pertimbangannya dan apakah norma hukum Islam Indonesia mengatur tentang mahar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif, dimana data-datanya berasal dari studi kepustakaan. Pendekatan yang digunakan di dalam penelitian hukum ini adalah pendekatan kasus (case approach). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa hakim dalam memutuskan Perkara Nomor 164/Pdt.G/2010/PAJP telah sesuai dengan dasar pertimbangannya dan telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena pertimbangan hakim dalam putusan tersebut sudah tepat dan jelas menggunakan hukum yang berlaku dan telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena pertimbangan hakim dalam putusan tersebut sudah tepat dan jelas menggunakan hukum yang berlaku. Dan di dalam agama Islam terdapat norma mengenai mahar (maskawin) yaitu di dalam KHI (Kompilasi Hukum Islam) Inpres No. 1 Tahun 1991 dan di dalam Al-Qur’an. Yang mana di dalam KHI terdapat dalam Bab V. Yang dimulai dari Pasal 30-38. Sedangkan di dalam Al-Qur’an terdapat dalam surat Al-Baqarah (236), Surat An�Nisa’ (4) (24-25), dan Surat Al-Mumtahanah (11). Kata Kunci: Dasar Pertimbangan Hakim, Mahar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 11 Sep 2024 07:59
Last Modified: 11 Sep 2024 07:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21389

Actions (login required)

View Item View Item