KOMODIFIKASI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN (Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Pompa Air Shimizu)

YUSEL, GUSVIRA and Andy, Makhrian and Dwi, Aji Budiman (2021) KOMODIFIKASI TUBUH PEREMPUAN DALAM IKLAN (Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Pompa Air Shimizu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Gusvira FIX NIAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perempuan digambarkan menjadi objek nilai jual di dalam iklan. Penelitian ini menggunakan Teori Semiotika John Fiske yang memiliki unsur kode Realita, Representasi, dan Ideologi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek penelitiannya yaitu iklan pompa air shimizu. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengiklan secara garis besar konsep sensualitas yang dibangun di dalam iklan Pompa Air Shimizu, sangat kental dengan ideologi patriarki. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana sosok perempuan di dalam iklan, diposisikan sebagai objek oleh pengiklan. Sosok perempuan menjadi kaum yang diobjektifikasi karena dalam konteks iklan tersebut, menghadirkan perempuan sebagai sosok yang “dinikmati” melalui eksploitasi yang dilakukan pada tubuhnya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 11 Sep 2024 08:35
Last Modified: 11 Sep 2024 08:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21392

Actions (login required)

View Item View Item