PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI GOOGLE SITES PADA MATERI INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SEBAGAI PENGUATAN LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN

RYANTO, AGUNG and Puspa, Djuwita and Abdul, Muktadir (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI GOOGLE SITES PADA MATERI INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU DALAM PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV SEBAGAI PENGUATAN LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
2.Perpustakaan_Zulkifli_A2K021067_Tesis - Wisuda - zulkifli aharis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan Google Sites pada materi Indahnya keberagaman di Negeriku dalam pembelajaran PPkn kelas IV sebagai penguat literasi budaya dan kewargaan. Untuk mengetahui keefktivan multimedia interaktif berbasis aplikasi Google Sites pada pembeljaran PPKn kelas IV Sekolah Dasar materi indahnya kebergaman di negeriku sebagai penguatan literasi budaya dan kewargaan. Jenis dan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 03 Ujan Mas sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IV SD Negeri 09 Ujan mas sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, survei dan tes. Instrumen penelitian menggunakan instrumen analisis kebutuhan, Instrumen validasi ahli, Instrumen uji coba produk, insrumen uji efektifitas produk. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara analisis data kevalidan ahli, kesepakatan rater/ peneliti, pembakuan instrumen, analisis kefektifan (Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan N-Gain). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis aplikasi Google Sites yang dikembangkan menurut validator ahli materi, validator desain dan validator bahasa dinyatakan layak untuk digunakan. Dari hasil belajar peserta didik kelas IV SD 03 Ujan mas diketahui bahwa efektifitas produk multimedia interaktif berbasis aplikasi Google Sites yang telah dikembangkan menunjukkan peningkatan sebagai penguat literasi budaya dan kewargaan dalam pembelajaran PPKn kelas IV pada materi indahnya kebergaman di negeriku. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, PPKn, Literasi Budaya dan Kewargaan, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:42
Last Modified: 12 Sep 2024 01:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21393

Actions (login required)

View Item View Item