PENERAPAN METODE BERMAIN KONSTRUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK DAN NATURALIS (Studi PTK Pada Kelompok B Paud Darussalam Kota Bengkulu)

Geneta, Melda and Nina, Kurniah and Buyung, Buyung (2023) PENERAPAN METODE BERMAIN KONSTRUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK DAN NATURALIS (Studi PTK Pada Kelompok B Paud Darussalam Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
meldha perpus - Meldha Genita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan penerapan metode bermain konstruktif untuk meningkatkan kecerdasan naturalis dan linguistic anak kelopok B Paud Darussalam Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dilanjutkan dengan quasi experien. Subjek penelitian ini untuk PTK adalah kelompok B1 yang berjumlah 20 orang, sedangkan sampel penelitin untuk kelas experiment adalah kelas B2 dan Kontrol B3 masing masing 20 orang anak pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi. Analisis yang digunakan yaitu rata- rata, persentase, dan uji t. hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan kecerdasan naturalis dan kemapuan berbicara. Hasil peneilitin ini merekomendasikan bahwa guru dapat lebih memilih model dan metode pembelajaran serta media pembelajaran yang dapat meningkakan aspek-aspek pengembangan anak. Kata kunci : Metode bermain Konstruktif Kecerdasan Naturalis, Linguistik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:41
Last Modified: 12 Sep 2024 01:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21394

Actions (login required)

View Item View Item