Sapani, Andriansyah Fadli and Johanes, Sapri and Bayu, Insanistyo (2023) PENERAPAN PART - WHOLE METHOD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SHOOTING DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Pelajaran Penjaskesrek Sepak Bola Kelas V MIN 1 Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS ANDRIANSYAH FADLI - Aan Fadli.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan Keterampilan Shooting dan prestasi belajar dengan menerapkan part – whole method. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di MIN 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan lembar soal tes. Subyek penelitian adalah siswa MIN 1 Kota Bengkulu kelas V semester 2. Hasil penelitian diperoleh siklus I Keterampilan Shooting siswa kelas V MIN 1 Kota Bengkulu rata-rata 1,93 masuk ke Kriteria Kurang dengan siklus II mengalami peningkatan rata-rata 2,45 masuk ke Kriteria baik, dan siklus III mengalami peningkatan masuk kriteria Sangat Baik dengan 19 siswa memiliki skor diatas rata-rata dan sudah mampu menunjukkan indikator Keterampilan Shooting yang signifikan baik secara klasikal maupun individual. Untuk prestasi belajar siswa keberhasilan dilihat berdasarkan nilai posttest kurang efektif pada siklus I. Prestasi belajar siswa meningkat dengan cukup efektif pada siklus II. Prestasi belajar siswa meningkat signifikan dengan nilai sangat efektif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapkan part – whole method dapat meningkatkan Keterampilan Shooting dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Penjaskesrek kelas V MIN 1 Kota Bengkulu. Kata kunci : Part – Whole Method, Shooting, dan Prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 01:41 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 01:41 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21395 |
Actions (login required)
View Item |