QOLBIN, ALBU and Abdul, Muktadir and Irwan, Koto (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG RAMBU LALU LINTAS DAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
ANGGI RINI PERPUSTAKAAN UNIB - anggi rini waldini.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flash card terhadap pengetahuan tentang rambu lalu lintas dan keterampilan berbicara siswa kelas III di SD Negeri 54 Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas IIIA berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media flash card dan IIIB berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol tanpa mengunakan media flash card. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dan presentasi menjelaskan isi kartu rambu lalu lintas dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi data sekolah. Hasil penelitian uji hipotesis tes yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka dari hasil median rank kelas eksperimen (80,00) > skor median rank kelas kontrol (72,50) untuk pengetahuan tentang rambu lalu lintas, sedangkan hasil median rank kelas eksperimen (3,00) > skor median rank kelas kontrol (2,25) untuk keterampilan berbicara, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flash card memberikan pengaruh yang signifikan secara statistik pada penguasaan pengetahuan rambu lalu lintas dan keterampilan berbicara siswa kelas eksperimen (kelas IIIA). Kata Kunci: Media Flash Card, Pengetahuan Rambu Lalu Lintas, Keterampilan Berbicara
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 01:43 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 01:43 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21396 |
Actions (login required)
View Item |