PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERORIENTASI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) DAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

PRATIPTO, ANDRIAN and Endang, Widi Winarni and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERORIENTASI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) DAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
Andrian bebas perpustakan fkip_compressed - Andrian Pratipto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan, mendeskripsikan tingkat kelayakan, mengetahui respon pengguna dan mengetahui efektifitas bahan ajar berorientasi AKM untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and development). Model penelitian dalam pengembangan bahan ajar adalah model ADDIE. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan instrument: wawancara, angket analisa kebutuhan, soal, lembar validasi ahli dan angket respon pengguna. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bahan ajar berorientasi AKM dan pendekatan CTL yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V materi siklus air. Validasi ahli dilakukan untuk aspek aspek kelayakan materi, bahasa, dan desain. Persentase hasil validasi aspek materi (67 %) , bahasa (78 %) serta desain 78 %. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap bahan ajar dari aspek penyajian mendapatkan persentase 87% kategori tinggi, aspek materi 87% kategori tinggi dan aspek bahasa 88% kategori tinggi.Bahan ajar berorientasi AKM dan pendekatan CTL efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN 87 Lebong yang berdasarkan effect size (1,24) dengan kategori sangat efektif. Kata kunci : Bahan ajar AKM,Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:43
Last Modified: 12 Sep 2024 01:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21400

Actions (login required)

View Item View Item