PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) MENGGUNAKAN RUMAH ADAT SERAWAI (RUMAH PANGERAN DUAYU) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SD

NURHAYANI, SADELA and Agus, Susanta and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) MENGGUNAKAN RUMAH ADAT SERAWAI (RUMAH PANGERAN DUAYU) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
BEBAS PERPUS UNIB_compressed - Sadela Nurhayani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi, bahasa, desain, respon peserta didik, serta efektifitas produk hasil pengembangan e-modul berbasis RME menggunakan rumah adat Serawai (rumah pangeran duayu) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) model ADDIE. Subjeknya adalah peserta didik SDN 4 Bengkulu Selatan, kelas IVA yang berjumlah 23 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas IV C yang berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, dan tes kemampuan pemecahan masalah berupa soal uraian melalui pretest dan posttest. Untuk mengukur efektifitas kemampuan pemecahan masalah dilakukan tes dua kali yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung di kelas kontrol dan eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis validasi dengan menggunakan Aiken’s V dan Inter-rater Reliability, tanggapan peserta didik, serta analisis kuantitatif dengan menggunakan uji-T. Hasil validasi materi, bahasa, desain, serta respon peserta didik terhadap e-modul sangat layak dan baik digunakan dalam pembelajaran sehingga peserta didik senang dan tertarik belajar matematika pada materi bangun datar. Hasil efektifitas e-modul efektif terhadap pemecahan masalah matematika peserta didik. Dilihat dari hasil nilai signifikansi yaitu 0,01 lebih kecil dari pada α=0,05. Berdasarkan uji gain-score dari penggunaan e-modul memberikan hasil nilai gain score yang sedang yaitu 47%. Sehingga, kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang menggunakan e-modul berbasis model RME menggunakan rumah adat Serawai (rumah pangeran duayu) dinyatakan efektif. Kata Kunci: Bangun Datar, Model RME, Rumah Adat Serawai (Rumah Pangeran Duayu)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:43
Last Modified: 12 Sep 2024 01:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21401

Actions (login required)

View Item View Item