PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC IKLAN ELEKTRONIK BERMUATAN PRODUK LOKAL BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

USWATUN KHASANAH, ANA and Abdul, Muktadir and Endang, Widi Winarni (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC IKLAN ELEKTRONIK BERMUATAN PRODUK LOKAL BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB_ ANA USWATUN KHASANAH_S2 PENDAS - Ana Uswatun Khasanah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan secara logis, kelayakan secara empiris, respon guru dan siswa serta keefektifan media video animasi motion graphic yang dikembangkan di SDN 16 Kota Bengkulu. Metode yang dipakai yaitu metode Research and Development (penelitian dan pengembangan) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 30 orang dan objek penelitian yaitu produk media video animasi motion graphic bermuatan produk lokal Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan berupa wawancara, angket, tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (Multiple Choices) dan Essai yang diberikan melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kelayakan dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dilihat dari validasi materi sebesar 0,95, validasi bahasa 0,88 dan validasi desain 0,92. Untuk respon siswa menunjukkan respon positif terhadap media yang dikembangkan. Serta cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Terlihat dari hasil belajar aspek pengetahuan, nilai signifikansi pada (2-tailed) yaitu 0,000 dan nilai N-Gain Score 73%. Dari data tersebut tampak terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis motion graphic cukup efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi iklan elektronik di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Media, Video Animasi, Iklan elektronik,Produk lokal Bengkulu Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:19
Last Modified: 12 Sep 2024 02:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21402

Actions (login required)

View Item View Item