PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 BENGKULU UTARA

Febrila, Lilia Gina and Hanifah, Hanifah and Hari, Sumardi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 BENGKULU UTARA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
A2C021006_LILIA GINA FEBRILA_TESIS S2 PEND. MTK - Lilia Gina Febrila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah selurus siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu Utara tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 288 siswa dan sampel penlitian yaitu kelas VIIIE dan VIIIH yang berjumlah 64 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan angket motivasi belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan uji analysis of covariance (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh linear kovariat kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 60,4%; (2) terdapat pengaruh linear kovariat motivasi awal terhadap motivasi belajar siswa sebesar 77,8%; (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan mengontrol kemampuan awal siswa sebesar 33,3%; (4) terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap motivasi belajar siswa dengan mengontrol motivasi awal siswa sebesar 53,5%; (5) pencapaian kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori; (6) Motivasi belajar siswa yang di kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori. Kata Kunci: Model Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:18
Last Modified: 12 Sep 2024 02:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21403

Actions (login required)

View Item View Item