Royana, Yana and Hanifah, Hanifah and Zamzaili, Zamzaili (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF-EFFICACY PADA MATERI TRIGONOMETRI SMA KELAS X. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
FILE PDF TESIS YANA ROYANA - Yana Royana.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap self-efficacy siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimen desain). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Sukakarya Kab. Musi Rawas dengan populasi seluruh siswa kelas X berjumlah 114 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas X.MIA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 peserta didik dan kelas X.MIA.1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik simple random. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan self-efficacy siswa maka peneliti menggunakan uji MANCOVA. Dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh kovariat kemampuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa , 2) terdapat pengaruh kovariat kemampuan awal siswa terhadap self-efficacy siswa yaitu , 3) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan self-efficacy siswa secara bersama-sama setelah mengontrol kemampuan awal siswa yaitu , 4) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa setelah mengontrol kemampuan awal siswa yaitu sig. < 0,001 atau sebesar , 5) terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap self-efficacy siswa setelah mengontrol kemampuan awal siswa sig. < 0,001 atau sebesar , 6) terdapat pencapaian kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran model konvensional setelah mengontrol kemampuan awal siswa bernilai positif dan signifikasi < 0,001, 7) terdapat pencapaian self-efficacy siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran model konvensional setelah mengontrol kemampuan awal siswa bernilai positif dan signifikasi < 0,001. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Self-Efficacy siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:18 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:18 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21405 |
Actions (login required)
View Item |