Mulianti, Sri and Agus, Susanta and Hanifah, Hanifah (2023) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMK NEGERI 1 LEBONG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
merged_1 - Sri Mulianti.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning berbantuan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika di SMK Negeri 1 Lebong. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lebong pada kelas X Tahun Ajaran 2022/2023 dengan populasi penelitian adalah seluruh kelas X yang berjumlah 88 orang. Sampel diambil dengan teknik random sampling kelas X Multimedia 1 yang berjumlah 22 orang sebagai kelas eksperimen dan X multimedia 2 yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui tes dengan teknik analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat: (1) Pengaruh pendekatan Problem Based Learning berbatuan Augmented Reality terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika. Besarnya pengaruh perlakuan terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah 27,2 %. (2) Pengaruh pendekatan Problem Based Learning berbatuan Augmented Reality terhadap Kemampuan pemecahan masalah adalah 58,6%. (3) Pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X Multimedia 1 di SMK Negeri 1 Lebong yang diajar menggunakan pendekatan PBL berbatuan AR lebih tinggi dibandingkan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. (4) Pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas X Multimedia 1 yang diajar pendekatan PBL berbantuan AR lebih tinggi dibandingkan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Pendekatan Problem Based Learning berbantuan Augmented Reality, Kemampuan Pemahaman Konsep, kemampuan pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:18 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:18 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21406 |
Actions (login required)
View Item |