PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMK NEGERI 1 LEBONG

Mulianti, Sri and Agus, Susanta and Hanifah, Hanifah (2023) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMK NEGERI 1 LEBONG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
merged_1 - Sri Mulianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning berbantuan Augmented Reality Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika di SMK Negeri 1 Lebong. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lebong pada kelas X Tahun Ajaran 2022/2023 dengan populasi penelitian adalah seluruh kelas X yang berjumlah 88 orang. Sampel diambil dengan teknik random sampling kelas X Multimedia 1 yang berjumlah 22 orang sebagai kelas eksperimen dan X multimedia 2 yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui tes dengan teknik analisis data menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat: (1) Pengaruh pendekatan Problem Based Learning berbatuan Augmented Reality terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika. Besarnya pengaruh perlakuan terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah 27,2 %. (2) Pengaruh pendekatan Problem Based Learning berbatuan Augmented Reality terhadap Kemampuan pemecahan masalah adalah 58,6%. (3) Pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X Multimedia 1 di SMK Negeri 1 Lebong yang diajar menggunakan pendekatan PBL berbatuan AR lebih tinggi dibandingkan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. (4) Pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas X Multimedia 1 yang diajar pendekatan PBL berbantuan AR lebih tinggi dibandingkan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Pendekatan Problem Based Learning berbantuan Augmented Reality, Kemampuan Pemahaman Konsep, kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:18
Last Modified: 12 Sep 2024 02:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21406

Actions (login required)

View Item View Item