PENGARAH PENGGUNA E-BOOK ENSIKLOPEDIA TATA SURYA DENGAN PENDEKATAN TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BACA PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV

PUTRI SARI, DESY and Irwan, Koto and Puspa, Djuwita (2023) PENGARAH PENGGUNA E-BOOK ENSIKLOPEDIA TATA SURYA DENGAN PENDEKATAN TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BACA PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
desy perpus UNIB - Desy Putri Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-book ensiklopedia tata surya dengan pendekatan TPACK terhadap hasil belajar dan minat belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas VI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Quast Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD N 14 Lubuklinggau Sampel dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas VLA sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa kelas VIB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, angket, dan tes pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh 7,796 > 2,010 atau dapat disimpulkan t hitung > t-tabel Hasil analisis nilai signifikansı adalah 0,000 yang berarti lebih kecil darı 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan hasıl belajar yang signifikan pada materi tata surya yang proses pembelajarannya menggunakan e- book ensiklopedia, Serta, hasil Cohen's d = 2.136 (large effect size). Dengan ukuran efek, yang kami maksud adalah kesenjangan antara nilai rata-rata dua kelompok dalam kaitannya dengan standar deviasi menunjukan hasil effect size dengan kategori tinggi. Pengunan hipotesis menyatakan adanya minat belajar siswa kelas VI tentang tata surya dengan menggunakan ensiklopedia e-book Hasil perhitungan diperoleh 1,840 2,010 atau dapat disimpulkan t-hitung > t-tabel Nilai signifikansı hasil analisis adalah 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. hasil Cohen's d = 2.023 (large effect size) Dengan ukuran efek, yang kami maksud adalah kesenjangan antara nilai rata-rata dua kelompok dalam kaitannya dengan standar deviasi menunjukan hasil effect stre dengan kategori tinggi. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan e-book ensiklopedia dengan pendekatan TPACK terhadap hasil dan minat belajar IPA siswa kelas VI. Kata Kunci: E-book Ensiklopedia, Hasil Belajar, Minat Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:19
Last Modified: 12 Sep 2024 02:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21409

Actions (login required)

View Item View Item