PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU

NALMAN, ANNIE RACHMAWATI and Agus, Susanta and Hanifah, Hanifah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS ANNIE R.N. LENGKAP PDF - annie rachmawati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah secara bersama. 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa 4) Untuk mengetahui apakah Kemampuan pemahaman konsep yang diajar dengan model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari yang diajar dengan konvensional. 5) Untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan model Problem Based Learning lebih tinggi dari yang diajar dengan konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu dengan populasi siswa kelas VIII berjumlah 201 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.C sebagai kelas control yang berjumlah 28 peserta didik dan kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen yan berjumlah 28 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu dengan menggunakan uji MANOVA (Multivariate Analisys of Variance). Dapat disimpulkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah secara bersama. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. 3 Terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa 4) Kemampuan pemahaman konsep yang diajar dengan model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari yang diajar dengan konvensional. 5) Kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan model Problem Based Learning lebih tinggi dari yang diajar dengan konvensional. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), kemampuan pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah matematika

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:18
Last Modified: 12 Sep 2024 02:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21410

Actions (login required)

View Item View Item